Betapa Bersih Jalanan di Jepang!

Sharon Whitley Larsen

Sebuah Perjalanan Keluarga ke Jepang

Saat saya berjalan menyusuri Chuo-Dori, jalan utama di Distrik Ginza Tokyo, pada suatu Minggu sore yang hujan, sungguh ajaib melihat pejalan kaki memegang payung warna-warni yang terpantul  di  trotoar  yang  lembap.

Kawasan mewah dengan pertokoan para desainer kelas atas ini ditutup untuk lalu lintas setiap sore di akhir pekan. Dan merupakan tamasya yang luar biasa bagi saya dan suami saya, Carl, untuk meregangkan kaki, melihat pemandangan, dan memulihkan diri dari jet lag.

Kami terbang ke Bandara Internasional Narita Tokyo malam sebelumnya dari San Diego bersama saudara laki-laki saya, Mark, saudara ipar perempuan, Betiana, dan keponakan saya Kalea, 12 tahun. Karena kami berlima dengan barang bawaan, kami memilih untuk memesan van pribadi untuk membawa kami dalam perjalanan 90 menit ke daerah Ginza Tokyo ke hotel kami. Harganya total $260 tetapi sangat berharga untuk kenyamanan pribadi.

Jalan utama Ginza yang magis dan canggih ditutup untuk lalu lintas setiap sore akhir pekan, sehingga pejalan kaki dapat berjalan-jalan di toko-toko desainer dan restoran populer di area tersebut. (Sharon Whitley Larsen)

Saya telah mengejutkan Kalea Beberapa bulan sebelumnya pada hari ulang tahunnya dengan perjalanan 12 hari ke Jepang untuk dia dan orang tuanya. Saya tidak akan pernah melupakan teriakan terima kasihnya yang penuh semangat: “Arigato!” ketika dia membaca undangan pribadi saya. Dia tertarik dengan budaya dan bahasa Jepang (yang dia pelajari sendiri) dan sangat ingin mengunjunginya.

Orang-orang Jepang sangat ramah dan membantu, dan negaranya bersih dengan sedikit kejahatan. Beberapa orang menganggap Jepang mahal, tapi kami pikir harganya wajar dan bahkan beberapa tempat wisata bisa dikunjungi secara gratis. Selain itu, staf hotel dan restoran, serta pekerja lainnya tidak mengharapkan tip.

Bonus dari perjalanan ini adalah teman saya sejak kelas empat, Karen Smith Takizawa, telah tinggal di Jepang selama 50 tahun dan sangat senang menjadi pemandu wisata kami selama lima hari. Carl dan saya pernah mengunjungi Jepang pada 2017 dan sangat ingin memperkenalkan gaya hidup Jepang kepada Kalea. Dan, meskipun beberapa penandanya disertai bahasa Inggris, hal ini membantu Karen bernegosiasi untuk membeli tiket di stasiun kereta bawah tanah dan kereta api serta memberikan saran yang bagus untuk rencana perjalanan kami.

Kami semua bertemu di Hotel Ginza setiap pagi pukul 10, berangkat bersama Karen untuk petualangan hari itu. Yang pertama dalam daftar keinginan Kalea adalah naik kereta bawah tanah ke Akihabara, area perbelanjaan populer untuk budaya pop anak muda, anime, elektronik, dan mode. Suatu hari kami mengunjungi Taman Hama-rikyu yang indah. Di Rumah Teh, seperti kebiasaannya, kami melepas sepatu dan duduk untuk menikmati secangkir matcha murah yang disajikan dalam mangkuk teh tradisional, dan mencicipi dorayaki (panekuk khas Jepang).

Kami makan siang di hari lain di Pusat Informasi Wisatawan Budaya Asakusa dengan pemandangan indah dari kafe di lantai delapan dan dek observasi gratis. Setelah itu kami mengunjungi Kuil Buddha Senso-ji abad ketujuh yang populer dan ramai, kuil tertua di Tokyo, serta toko kerajinan dan suvenir luar ruangan yang menarik.

Yang paling menarik adalah mengunjungi Karen dan suaminya, Kenzo, di rumah mereka di Fuchu, pinggiran Kota Tokyo, tempat kami menikmati makanan lezat buatan rumah di beranda mereka. Perjalanan selanjutnya dengan kereta selama 90 menit ke Kamakura untuk melihat Ushiku Daibutsu, patung Buddha berusia 800 tahun dan Kuil Tsurugaoka Hachimangu.   Kami   menyukai pemandangan kota yang menakjubkan dari lantai 45 Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo, yang juga gratis.

Great Buddha berusia 800 tahun adalah daya tarik wisata populer di Kamakura, Jepang. (Sharon Whitley Larsen)

Di kawasan Shibuya, kami melihat patung anjing Akita yang terkenal, Hachiko, sebagai penghormatan atas pengabdiannya yang penuh kasih. Selama hampir 10 tahun Hachiko menunggu di stasiun kereta sampai mendiang pemilik tercintanya tiba. Saat ini, antrean panjang penggemar sabar menunggu untuk berpose di dekat patung Hachiko untuk berfoto.

Kembali ke daerah Ginza, Carl dan saya mengajak keluarga menonton pertunjukan teater Kabuki yang dramatis pada suatu malam. Tiket menit-menit terakhir kami hanya cocok untuk pertunjukan berdurasi 20 menit, dan meskipun singkat, tiket ini memperke- nalkan Kalea pada tradisi berusia 500 tahun dan para pemain pria berkostum.

Salah satu kejutannya adalah Ginza Six Rooftop Garden—di pusat perbelanjaan kelas  dunia yang populer (271 toko dan restoran). Gratis untuk dikunjungi, taman atap adalah tempat bersantai untuk mengamati orang-orang dengan meja dan kursi, bangku, rumput, tanaman, dan pepohonan. Ini adalah semacam Central Park versi Jepang mini di New York, dengan pemandangan indah jalan utama Ginza, Chuo-Dori.

Kami    mencicipi    beberapa restoran kosmopolitan Ginza, termasuk Lion Beer Hall—ruang bir tertua di Jepang, dibuka pada tahun 1934 di Ginza Lion Building—dan bersantap di restoran Spanyol yang menawan, Spain Gourmeteria y Bodega. Di sebelah hotel kami terdapat salah satu dari banyak Family Mart di kota ini, tempat kami dapat menggunakan ATM dan membeli sarapan, buah, permen, makanan ringan, dan anggur dengan harga terjangkau.

Setelah seminggu  di  distrik Ginza, hotel kami mengatur van pribadi ($80) ke Tokyo Disney. Tiket (yang dijual dengan mudah oleh Sheraton Grande Tokyo Bay Hotel kami, di sebelah taman) hanya $62 untuk dewasa dan $52 untuk anak-anak.

Kalea dan orang tuanya terbang pulang setelah tur 12 hari mereka, dan Carl serta saya tinggal selama tiga hari lagi, terutama menikmati pemandangan matahari terbenam Gunung Fuji dari kamar kami yang bertingkat tinggi. Kemudian hanya $20 masing-masing untuk naik bus antar- jemput selama satu jam dari hotel kembali ke Narita untuk penerbangan pulang kami. (nug)

Sharon Whitley Larsen adalah seorang penulis lepas. Untuk membaca fitur-fitur dari penulis dan kartunis Creators Syndicate lainnya, kunjungi situs web Creators Syndicate di www.creators. com. Hak Cipta 2024 Creators. com