Mengapa Anda Tidak Boleh Minum dari Botol Plastik Lagi Jika Anda Peduli dengan Tekanan Darah Anda

EtIndonesia. Minum dari botol plastik dapat membahayakan kesehatan Anda.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Microplastics menemukan bahwa minum dari botol plastik dapat meningkatkan tekanan darah akibat masuknya mikroplastik ke dalam aliran darah.

Sesuai namanya, mikroplastik adalah partikel plastik kecil yang ditemukan di sebagian besar makanan dan persediaan air kita.

Tanpa disadari, partikel-partikel ini dapat menembus penghalang sel di usus dan paru-paru dan berpindah ke aliran darah dan jaringan lain dalam tubuh.

Pada tahun 2018 saja, paparan mikroplastik — yang oleh Mayo Clinic dikaitkan dengan kesehatan jantung, ketidakseimbangan hormon, dan bahkan kanker — menghabiskan biaya sistem perawatan kesehatan sebanyak 289 miliar dolar.

Studi baru oleh tim peneliti dari Departemen Kedokteran di Danube Private University di Austria menemukan bahwa tekanan darah menurun secara signifikan ketika peserta berhenti mengonsumsi cairan dari botol plastik dan kaca dan hanya minum air keran selama dua minggu.

“Tren yang luar biasa telah diamati. Hasil penelitian menunjukkan, untuk pertama kalinya, bahwa pengurangan penggunaan plastik berpotensi menurunkan tekanan darah, mungkin karena berkurangnya volume partikel plastik dalam aliran darah,” catat tim peneliti.

Para ilmuwan sebelumnya menemukan bahwa manusia mengonsumsi 5 gram mikroplastik setiap minggu, atau sekitar berat kartu kredit. Mikroplastik juga ditemukan dalam cairan yang dikemas dalam botol kaca.

Dalam penelitian Danube, tekanan darah peserta diukur di awal dan selama penelitian. Hasilnya mengungkapkan “penurunan signifikan” dalam tekanan darah diastolik setelah dua minggu.

“Berdasarkan temuan tersebut, yang menunjukkan penurunan tekanan darah dengan berkurangnya konsumsi plastik, kami berhipotesis bahwa partikel plastik yang ada dalam aliran darah dapat berkontribusi terhadap peningkatan tekanan darah,” catat para peneliti.

“Kami menyimpulkan, setelah penelitian ekstensif, bahwa minuman yang dikemas dalam botol plastik harus dihindari.”

Dalam hal menjaga sumber air, penelitian terpisah menemukan bahwa merebus dan menyaring air keran dapat mengurangi keberadaan mikroplastik (dan nanoplastik) hingga hampir 90%. (yn)

Sumber: nypost

INSPIRASI ERABARU

Mengapa Dighosting Lebih Menyakitkan daripada Penolakan dan Lebih Sulit untuk Dilupakan

Penolakan sosial mengaktifkan banyak jalur saraf yang sama seperti rasa sakit fisik. Oleh Fjolla Arifi Pesan terakhir itu tetap berada di sana, terkirim dan sudah dibaca....

Seperti Apa Kondisi Otak Anda Saat Membenci Seseorang?

Cinta membuat kekurangan tampak tak berarti, sedangkan kebencian membuat kekurangan yang tak ada seolah nyata Arsh Sarao Ketika Anda melihat sekilas seseorang yang Anda benci, otak...

LATES

Google search engine

VIDEO ET NEWS

MISTERI

Google search engine