EtIndonesia. Makanan yang membuat Anda merasa senang saat stres sering kali tidak baik untuk Anda. Namun, dalam kejadian yang menyenangkan, para ilmuwan menemukan bahwa memadukan makanan berlemak tinggi dengan jenis cokelat tertentu dapat menangkal beberapa masalah kesehatan yang mengganggu.
Episode stres tinggi, bahkan yang singkat, diketahui dapat sedikit dan sementara mengganggu fungsi arteri tubuh. Meskipun mengonsumsi makanan berlemak mungkin terasa menyenangkan saat itu, penelitian menunjukkan lemak jenuh dapat memperburuk stres pada sistem kardiovaskular, sehingga memperpanjang pemulihan.
Kabar baiknya adalah mungkin ada penawarnya, dan cukup mengejutkan, penawarnya dapat disajikan sebagai hidangan penutup setelah makan makanan berlemak tinggi.
Dalam uji coba acak dan tersamar ganda terhadap orang dewasa yang sehat, para peneliti di Universitas Birmingham telah menunjukkan bahwa meminum minuman cokelat yang kaya antioksidan berpotensi meringankan penurunan fungsi pembuluh darah yang terkait dengan stres dan makanan berlemak.
Percobaan ini melibatkan 23 orang dewasa muda hingga setengah baya, yang memakan dua roti croissant mentega dengan mentega asin dan keju cheddar bersama segelas susu murni.
Selain itu, sekitar setengah kelompok meminum minuman cokelat dengan kadar flavanol tinggi, yang merupakan antioksidan yang ditemukan dalam makanan nabati seperti beri, teh, apel, pir, dan beberapa kacang. Setengah lainnya meminum minuman cokelat dengan kadar flavanol rendah.
Peserta kemudian melakukan kegiatan yang secara umum membuat stres: tes matematika mental.
Pada sesi kedua, peserta mengulangi percobaan, mengonsumsi minuman cokelat rendah flavanol jika sebelumnya mereka diberi versi flavanol tinggi, dan sebaliknya.
Setelah makan berlemak dan kegiatan yang membuat stres, peneliti menemukan peningkatan diameter arteri brakialis dan arteri karotis peserta. Arteri brakialis membawa darah beroksigen ke tubuh, sedangkan arteri karotis membawa darah beroksigen ke otak.
Secara khusus, arteri brakialis butuh waktu lama untuk pulih pada mereka yang minum cokelat rendah flavanol. Hingga 90 menit setelah makan berlemak dan kejadian yang menegangkan, arteri ini terus menunjukkan gangguan kemampuan untuk merespons perubahan aliran darah.
Meskipun sedikit, tingkat gangguan ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kejadian kardiovaskular di masa mendatang sebesar 9 hingga 13 persen.
Namun, inilah kabar baiknya: Mereka yang minum minuman cokelat tinggi flavanol agak terlindungi dari gangguan tersebut. Cara arteri brakialis mereka merespons perubahan aliran darah membaik dibandingkan dengan kelompok rendah flavanol.
“Sejauh pengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa cokelat tinggi flavanol dapat melemahkan penurunan dilatasi aliran brakialis yang dimediasi stres setelah makan tinggi lemak,” tulis para penulis, yang dipimpin oleh ahli fisiologi Rosalind Baynham.
Saat ini, kebanyakan orang yang mengonsumsi makanan Barat tidak mengonsumsi jumlah flavanol harian yang direkomendasikan, yang kira-kira setara dengan dua cangkir teh hitam atau hijau. Beberapa bukti terbatas menunjukkan bahwa senyawa bioaktif ini dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan fungsi kognitif.
Penelitian lebih lanjut diperlukan, tetapi uji coba saat ini mendukung hipotesis tersebut, setidaknya untuk kesehatan kardiovaskular. Dosis tinggi flavanol yang digunakan dalam percobaan dari Birmingham setara dengan dua cangkir teh hijau, 5,5 sendok makan bubuk cokelat yang belum diolah, atau 300 gram (10,6 ons) buah beri.
“Bagi mereka yang cenderung mencari camilan saat stres atau bergantung pada makanan siap saji karena mereka bekerja di pekerjaan yang penuh tekanan atau kekurangan waktu, menerapkan beberapa perubahan kecil ini dapat membuat perbedaan yang nyata,” kata psikolog biologis Jet Veldhuijzen van Zanten dari Birmingham.
Yang menarik, penulis penelitian tidak menemukan bahwa cokelat dengan flavanol tinggi memengaruhi aliran darah atau oksigenasi otak setelah stres. Percobaan di masa mendatang dengan ukuran sampel yang lebih besar dapat membantu memperjelas hasil tersebut, terutama karena penelitian sebelumnya tentang flavanol telah mengisyaratkan manfaat kognitif.
“Penelitian ini menunjukkan bahwa minum atau makan makanan yang mengandung banyak flavanol dapat digunakan sebagai strategi untuk mengurangi dampak pilihan makanan yang buruk pada sistem pembuluh darah,” kata ilmuwan nutrisi Catarina Rendeiro.
“Hal ini dapat membantu kita membuat keputusan yang lebih tepat tentang apa yang kita makan dan minum selama masa-masa yang penuh tekanan.”
Penelitian ini dipublikasikan di Food and Function. (yn)
Sumber: sciencealert


