Studi 30 Tahun Mungkin Telah Menemukan Pola Makan Terbaik untuk Penuaan Sehat

EtIndonesia. Apakah Anda akan menambahkan lebih banyak sayuran dan biji-bijian utuh ke dalam pola makan Anda untuk mendapatkan usia tua yang sehat? Sebuah studi baru telah menguraikan secara rinci kelompok makanan yang meningkatkan kemungkinan penuaan sehat – dan mengidentifikasi pola makan terbaik secara keseluruhan.

Untuk tujuan studi, para peneliti yang dipimpin oleh tim dari Universitas Harvard mendefinisikan penuaan sehat sebagai mencapai usia 70 tanpa penyakit kronis – dan masih dalam kondisi yang baik secara mental dan fisik.

Analisis menunjukkan bahwa Indeks Makan Sehat Alternatif (AHEI) berada di urutan teratas dari delapan pola makan sehat yang dipelajari: yang dikembangkan oleh Harvard, AHEI memprioritaskan buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, polong-polongan, dan lemak sehat.

Pola makan ini juga meminimalkan konsumsi daging merah dan olahan, minuman manis, dan garam.

“Temuan kami juga menunjukkan bahwa tidak ada pola makan yang cocok untuk semua orang,” kata Anne-Julie Tessier, seorang profesor nutrisi dari Universitas Montreal di Kanada. “Pola makan sehat dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi individu.”

Para peneliti melacak kebiasaan makan 105.015 orang selama 30 tahun, membandingkan pola makan mereka dengan delapan set panduan makan sehat – dan kemudian memeriksa kesehatan mereka pada usia 70 tahun.

Secara keseluruhan, mengikuti salah satu rencana diet secara ketat meningkatkan peluang untuk menua dengan sehat, dan ada banyak kesamaan dalam hal rekomendasi makan sehat: buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan lemak tak jenuh sering disebutkan.

Sebanyak 9.771 orang memenuhi kriteria kesehatan pada usia 70 tahun, dengan AHEI menunjukkan manfaat paling banyak. Peserta yang berada di peringkat kelima teratas dalam hal kepatuhan AHEI memiliki kemungkinan 86 persen lebih besar untuk menjadi sehat pada usia 70 tahun dibandingkan mereka yang berada di peringkat kelima terbawah. Tampaknya diet Mediterania yang banyak dipuji mungkin memiliki beberapa pesaing.

“Studi sebelumnya telah menyelidiki pola makan dalam konteks penyakit tertentu atau berapa lama orang hidup,” kata Frank Hu, seorang profesor nutrisi dan epidemiologi dari Universitas Harvard.

“Pandangan kami memiliki banyak sisi, dengan bertanya, bagaimana pola makan memengaruhi kemampuan orang untuk hidup mandiri dan menikmati kualitas hidup yang baik seiring bertambahnya usia?”

Hubungan antara pola makan dan kesehatan yang baik telah dibuktikan dalam banyak studi – apakah Anda ingin menambah tahun dalam hidup Anda atau menjaga otak Anda tetap bekerja – dan meskipun penelitian baru ini tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat secara langsung, hubungan tersebut cukup kuat untuk memberi kita bukti tambahan yang berguna tentang manfaat makan dengan baik.

“Karena tetap aktif dan mandiri merupakan prioritas bagi individu dan kesehatan masyarakat, penelitian tentang penuaan yang sehat sangat penting,” kata Marta Guasch-Ferré, seorang profesor epidemiologi dari Universitas Kopenhagen di Denmark.

“Temuan kami menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan makanan nabati, dengan penyertaan makanan hewani yang sehat dalam jumlah sedang, dapat meningkatkan penuaan yang sehat secara keseluruhan dan membantu membentuk pedoman diet di masa mendatang.”

Penelitian tersebut telah dipublikasikan di Nature Medicine.(yn)

Sumber: sciencealert

INSPIRASI ERABARU

Mengapa Dighosting Lebih Menyakitkan daripada Penolakan dan Lebih Sulit untuk Dilupakan

Penolakan sosial mengaktifkan banyak jalur saraf yang sama seperti rasa sakit fisik. Oleh Fjolla Arifi Pesan terakhir itu tetap berada di sana, terkirim dan sudah dibaca....

Seperti Apa Kondisi Otak Anda Saat Membenci Seseorang?

Cinta membuat kekurangan tampak tak berarti, sedangkan kebencian membuat kekurangan yang tak ada seolah nyata Arsh Sarao Ketika Anda melihat sekilas seseorang yang Anda benci, otak...

LATES

Google search engine

VIDEO ET NEWS

MISTERI

Google search engine