Pola Makan Tradisional Afrika Ini Nampaknya Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

EtIndonesia. Banyak budaya di Afrika telah lama menikmati warisan pola makan yang didasarkan pada bahan-bahan yang diketahui baik untuk kesehatan usus dan metabolisme, termasuk berbagai sayuran, biji-bijian, buah, dan makanan fermentasi.

Meskipun dampak dari penerapan pola makan yang kaya akan makanan olahan dan berkalori tinggi telah dipelajari di seluruh dunia, populasi Afrika kurang terwakili dalam data.

“Penelitian sebelumnya berfokus pada pola makan tradisional lainnya, seperti pola makan Jepang atau Mediterania,” kata spesialis penyakit menular Quirijn de Mast dari Radboud University Medical Center di Belanda.

“Namun, masih banyak yang bisa dipelajari dari pola makan tradisional Afrika, terutama sekarang, karena gaya hidup di banyak wilayah Afrika berubah dengan cepat dan penyakit akibat gaya hidup meningkat. Keragaman pola makan tradisional Afrika yang kaya menawarkan peluang unik untuk mendapatkan wawasan berharga tentang bagaimana makanan memengaruhi kesehatan.”

Sebuah studi yang dipimpin oleh de Mast menyelidiki dampak kesehatan dari peralihan antara pola makan warisan budaya Kilimanjaro dan pola makan yang dianggap lebih Barat di antara penduduk Tanzania utara.

Perubahan tersebut berlangsung cepat dan mendalam, dengan dampak penting pada profil kekebalan dan metabolisme yang dapat dideteksi dalam beberapa minggu setelah mengganti makanan tradisional berupa berbagai bubur, okra, susu asam, dan biji-bijian yang difermentasi, dengan menu yang berisi sosis dan roti putih, selai, pancake, saus tomat, dan kentang goreng, atau sebaliknya.

Tim tersebut merekrut 77 pria sehat dari daerah perkotaan dan pedesaan Tanzania Utara, yang terbiasa mengonsumsi makanan Barat atau cenderung berpegang pada makanan yang lebih tradisional seperti ‘kiburu’ – pisang hijau rebus dengan kacang merah – yang disantap dengan semangkuk pisang dan millet yang difermentasi yang disebut ‘mbege’.

Setelah seminggu menjalani rotasi makanan harian seperti biasa, sejumlah relawan diminta untuk bertukar selama dua minggu. Beberapa rekrutan perkotaan diminta untuk menikmati seporsi mbege rendah alkohol dengan makanan Barat mereka yang biasa selama satu minggu, sebelum kembali ke kebiasaan lama mereka.

Pada titik-titik penting selama penyelidikan, para peneliti mengambil sampel darah untuk menganalisis jenis sel, produksi sinyal imun yang disebut sitokin, dan produksi berbagai senyawa metabolik.

Mereka yang beralih dari masakan Kilimanjaro ke makanan seperti roti dan sosis menunjukkan peningkatan kadar protein inflamasi dan penanda disregulasi metabolik, dengan penurunan respons imun yang signifikan terhadap sejumlah patogen jamur dan bakteri.

Mereka juga mengalami sedikit kenaikan berat badan, yang tidak dapat dikesampingkan sebagai faktor potensial yang berkontribusi terhadap perubahan metabolik lainnya.

Sebaliknya, beralih dari makanan Barat ke lebih banyak buah, makanan fermentasi, sayuran, dan biji-bijian utuh meningkatkan respons antiinflamasi, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan seminggu minum minuman fermentasi tradisional meningkatkan aktivasi sel pertahanan penting yang disebut neutrofil dan meningkatkan respons kimia terhadap patogen jamur seperti Candida.

Anehnya, pengaruh dari pertukaran pola makan tersebut masih dapat dideteksi empat minggu kemudian, sehingga jelas bahwa perubahan kesehatan tidak hanya berlangsung cepat tetapi juga dapat berlangsung lama.

Pola makan Barat tidak hanya diadopsi di seluruh Benua Afrika, melengkapi jika tidak menggantikan makanan yang berbahan dasar makanan yang lebih sehat, tetapi para emigran dari budaya Afrika yang pindah ke komunitas Barat menghadapi tantangan yang lebih besar dalam mempertahankan warisan yang mungkin lebih sehat bagi mereka.

Dengan lebih memahami risiko pembatasan pilihan makanan tidak hanya di wilayah seperti Tanzania tetapi di seluruh dunia, lebih banyak dari kita dapat membuat pilihan yang lebih sehat tentang pola makan kita sendiri, sambil menikmati berbagai macam makanan baru yang eksotis.

“Studi kami menyoroti manfaat produk makanan tradisional ini untuk peradangan dan proses metabolisme dalam tubuh. Pada saat yang sama, kami menunjukkan betapa berbahayanya pola makan Barat yang tidak sehat,” kata de Mast.

Studi ini dipublikasikan di Nature Medicine. (yn)

Sumber: sciencealertc

INSPIRASI ERABARU

Mengapa Dighosting Lebih Menyakitkan daripada Penolakan dan Lebih Sulit untuk Dilupakan

Penolakan sosial mengaktifkan banyak jalur saraf yang sama seperti rasa sakit fisik. Oleh Fjolla Arifi Pesan terakhir itu tetap berada di sana, terkirim dan sudah dibaca....

Seperti Apa Kondisi Otak Anda Saat Membenci Seseorang?

Cinta membuat kekurangan tampak tak berarti, sedangkan kebencian membuat kekurangan yang tak ada seolah nyata Arsh Sarao Ketika Anda melihat sekilas seseorang yang Anda benci, otak...

LATES

Google search engine

VIDEO ET NEWS

MISTERI

Google search engine