Penelitian terbaru menunjukkan bagaimana kafein mengaktifkan jalur seluler yang mirip dengan yang dipicu oleh olahraga dan pembatasan kalori, yang berpotensi memperlambat penuaan
oleh Rachel Ann T. Melegrito
Getaran yang Anda rasakan dari secangkir kopi di pagi hari tidak hanya memengaruhi otak Anda—itu juga menjangkau jauh ke dalam sel-sel tubuh dan mengaktifkan saklar biologis yang bisa membantu Anda menua lebih lambat.
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kafein bertindak seperti pelatih pribadi bagi sel-sel kita, memberikan cukup stres untuk mengaktifkan jalur-jalur umur panjang yang sama seperti yang dipicu oleh olahraga atau pembatasan kalori.
“Dalam arti tertentu, sedikit stres itu bermanfaat,” kata John-Patrick Alao, ilmuwan peneliti postdoktoral dan penulis utama studi tersebut, kepada The Epoch Times.
Mekanisme Seluler di Balik Umur Panjang
Studi yang diterbitkan di jurnal Microbial Cell ini menemukan bahwa kafein menimbulkan respons mirip stres pada sel, mengaktifkan jalur umur panjang yang disebut AMP-activated protein kinase (AMPK).
AMPK berfungsi seperti pengukur bahan bakar seluler. Saat energi rendah atau dalam kondisi stres, AMPK akan aktif, memaksa sel untuk menghemat sumber daya, memperbaiki kerusakan, dan membersihkan komponen rusak dengan mendaur ulang bagian dari dirinya sendiri.
Dalam biologi, terlalu banyak stres bisa merusak sel, tetapi jumlah kecil justru dapat membantu mereka beradaptasi dan memperbaiki diri, mencegah kerusakan menumpuk. Seiring waktu, hal ini membantu jaringan tetap sehat dan mendukung umur panjang.
“Penelitian kami, setidaknya dalam hal kafein, menunjukkan bahwa AMPK diaktifkan karena kafein memberikan semacam stres pada sel,” ujar Alao.
Alao mencatat bahwa stres ringan dari kafein pada sel ragi mengaktifkan gen-gen pelindung dan membuat sel tetap dalam mode perbaikan, mencegah kerusakan menumpuk dan memperpanjang umur sel. Ia mengibaratkannya seperti memiliki montir yang selalu mendampingi untuk menangani masalah sejak dini.
“Aktivasi alami jalur ini oleh kafein menunjukkan bahwa kafein bisa menjadi alat nutrisi yang berharga… Sesuatu yang umum seperti kopi pagi Anda pada akhirnya bisa berperan dalam bagaimana kita merancang pola makan atau pengobatan untuk meningkatkan kesehatan jangka panjang dan berpotensi mendukung terapi kanker,” kata Dr. Thomas M. Holland, ilmuwan medis dan asisten profesor di Rush Institute for Healthy Aging, yang tidak terlibat dalam studi tersebut.
Para peneliti menggunakan sel ragi fission untuk eksperimen mereka. Meskipun hasilnya tidak dapat langsung diterapkan pada manusia, ragi memiliki jalur seluler yang mirip dan bekerja serupa dengan sel manusia.
Holland mencatat bahwa meskipun studi ini menggunakan ragi dan tidak memberikan rekomendasi konsumsi spesifik untuk manusia, penelitian lain mendukung konsumsi kafein dalam jumlah sedang.
Potensi Risiko dari Stres Akibat Kafein
Walaupun stres ringan dari kafein membantu memicu proses yang terkait dengan umur panjang—seperti membuat sel membelah lebih awal dan dalam ukuran lebih kecil—respons ini juga dapat membuat sel lebih rentan terhadap kerusakan DNA karena memberi mereka waktu lebih sedikit untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah sebelum membelah, memungkinkan kerusakan lolos.
Hal ini menimbulkan risiko khusus bagi orang dengan kondisi genetik seperti ataxia telangiectasia (ATM), yang kesulitan memperbaiki kerusakan DNA.
“Jika Anda memiliki mutasi ATM, kafein mungkin tidak baik untuk Anda,” kata Alao. “Tetapi jika Anda sehat dan tidak memiliki mutasi ini, maka stres yang diaktifkan justru akan mengaktifkan mekanisme perbaikan DNA Anda.”
Namun, Alao mencatat bahwa masih ada banyak pertanyaan tentang bagaimana efek kafein pada sel ragi diterjemahkan ke tubuh manusia. Pada manusia, AMPK jauh lebih kompleks, dengan berbagai bentuk yang ditemukan di berbagai jaringan seperti jantung dan otot rangka.
Ia juga mengatakan bahwa sistem AMPK, meskipun bersifat pelindung pada sel sehat, mungkin justru membantu sel kanker bertahan di bawah tekanan metabolik.
Berapa Banyak Kafein yang Ideal untuk Umur Panjang?
Berbagai studi berskala besar telah mengaitkan konsumsi kopi dengan hidup lebih panjang dan sehat. Sebuah studi terhadap hampir 50.000 wanita selama 30 tahun menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi sekitar 315 miligram kafein per hari—kira-kira satu setengah cangkir kopi ukuran besar—lebih mungkin menua dengan sehat, tanpa penyakit kronis utama.
Studi lain yang diterbitkan di The Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang minum satu hingga tiga cangkir kopi per hari memiliki risiko kematian 15 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa manfaat kesehatan dari kopi berkurang jika dikonsumsi dengan gula dan lemak jenuh, seperti yang terdapat dalam krimer berbahan dasar susu.
“Biasanya sekitar 200 hingga 400 miligram per hari, atau kira-kira dua hingga empat cangkir kopi, telah terbukti aman dan berpotensi bermanfaat bagi kebanyakan orang dewasa,” ujar Holland.
Holland menekankan bahwa kafein paling bermanfaat jika dikonsumsi sebagai bagian dari gaya hidup seimbang—terutama yang menggabungkan pola makan nabati dan aktivitas fisik teratur. Ia mencatat bahwa sumber alami kafein seperti kopi dan teh juga mengandung polifenol dan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan metabolisme, dan menurunkan stres oksidatif—faktor-faktor yang terkait dengan penurunan risiko kanker.
Seperti Holland, Melissa Mitri, ahli gizi terdaftar dan penulis nutrisi, merekomendasikan agar orang menghindari suplemen dan minuman energi. “Beberapa minuman energi dan suplemen mengandung bentuk kafein yang lebih pekat, seperti kafein anhidrat, yang bisa memberikan dosis yang jauh lebih besar dan kuat daripada secangkir kopi.”
Mitri juga mencatat bahwa meskipun masih dibutuhkan lebih banyak penelitian, konsumsi kafein dalam jumlah sedang mungkin membantu melindungi sel sehat selama pengobatan kanker dengan mengurangi potensi kerusakan yang disebabkan oleh terapi seperti kemoterapi.
“Kafein mengaktifkan AMPK, dan AMPK adalah target yang sangat penting karena diaktifkan oleh pembatasan kalori dan olahraga, dan kita tahu bahwa pembatasan kalori dan olahraga terbukti memperpanjang umur,” kata Alao.
Solusi Umur Panjang Lainnya
Kafein bukan satu-satunya senyawa yang terkait dengan umur panjang melalui jalur seluler ini. Beberapa zat dan pola makan lain sudah diketahui menargetkan sistem peningkat umur panjang yang sama.
Contohnya, rapamycin secara langsung menghambat Target of Rapamycin Complex 1 (TORC1), sebuah kompleks protein yang membantu mengontrol pertumbuhan sel dan respons terhadap nutrisi, sehingga memperlambat mekanisme pertumbuhan sel.
Metformin, obat diabetes yang banyak digunakan dan meningkatkan sensitivitas insulin, tidak bekerja langsung pada TORC1, tetapi menurunkan status energi sel, yang pada gilirannya mengaktifkan AMPK.
Kelebihan nutrisi kronis—terutama pola makan tinggi gula, pati olahan, dan makanan ultra-proses—menonaktifkan AMPK dan malah mengaktifkan jalur TORC1, yang mendorong pertumbuhan dan mempercepat penuaan.
“Kalau Anda makan banyak gula, diet ala Barat tinggi lemak, maka TOR [Target of Rapamycin] akan selalu aktif. Dan ini menyebabkan penuaan,” kata Alao.
Sebaliknya, pembatasan diet seperti pola makan rendah protein dan puasa intermiten mengaktifkan AMPK, mendorong proses pembersihan seluler yang tampaknya penting untuk umur panjang. “Pada dasarnya tubuh mulai memakan dirinya sendiri, yang tampaknya penting untuk membersihkan semua protein rusak dan sebagainya.”
Sebelum menekuni dunia menulis, Rachel bekerja sebagai terapis okupasi, dengan spesialisasi pada kasus neurologis. Dia juga mengajar mata kuliah di universitas mengenai ilmu dasar dan terapi okupasi profesional. Pada tahun 2019, ia meraih gelar magister dalam bidang perkembangan dan pendidikan anak. Sejak tahun 2020, Rachel telah menulis secara luas tentang topik kesehatan untuk berbagai publikasi dan merek.


