Menjelajahi Keajaiban Kuno: Piramida dan Sungai Nil

TIM JOHNSON

Menuju ke barat, kami melintasi hamparan luas Sungai Nil, yang begitu terkenal dalam pengetahuan dan ingatan kolektif kita, mulai dari menggendong bayi Musa dalam keranjang hingga menjadi merah dalam tulah di kitab-kitab suci. Tapi  hari ini, tidak ada yang terasa begitu kuno, permukaan di bawahnya penuh dengan perahu kecil, sibuk dengan arus dan urgensi kehidupan sehari-hari.

Meninggalkan hiruk pikuk pusat kota Kairo, lalu lintas  di jalan raya tetap padat mempertahankan kecepatannya yang lesu, empat jalur menyebar menjadi enam, atau bahkan delapan, saat semua orang mencari sudut, mendorong untuk maju.

Dan kemudian, distrik-distrik luar yang berdebu mulai tampak dikejauhan, deretan gedung-gedung tinggi setengah jadi yang tak berujung berhenti di tepi pasir.

Pintu masuk ke Piramida Khufu di Dataran Tinggi Giza. (S.Vincent / Shutterstock)

Duduk di bagian belakang minivan, sebagai satu-satunya tamu untuk tur hari ini, saya menjulurkan leher untuk melihat ke luar jendela. Tiga puncak yang tidak salah lagi menjulang dari dasar gurun, gambaran mereka begitu akrab namun kali ini terpampang nyata secara langsung, trio ikonik ini berdiri di sini di tempat yang sama selama sekitar 4.500 tahun.

Museum Terbuka

Saya tiba di Mesir, menjelajahi Kairo dan Giza, yang kini menjadi rumah bagi lebih dari 20 juta orang — kota terbesar di Afrika, dan salah satu kota metropolis terbesar di dunia — hanya sedikit tempat yang cocok dengan energi modern ibu kota Mesir. Tapi semua yang baru hanyalah patina* selama ribuan tahun sejarah, kota ini berfungsi sebagai museum terbuka raksasa. Saya di sini untuk menjelajahi semuanya, melakukan perjalanan kembali ke masa lalu sambil menelusuri ke seluruh kota, mulai dari warna pasar yang semrawut, naik perahu dadakan di Sungai Nil hingga pendakian jauh di dalam piramida itu sendiri. (*lapisan warna hijau atau cokelat pada permukaan perunggu atau serupa logam, yang dihasilkan melalui oksidasi dalam waktu lama.)

Sphinx Agung Giza menghadap dari barat ke timur. (Repina Valeriya / Shutterstock)

Sementara kita kembali keberadaaan bangunan ini sekitar 2.500 SM dan dibangun dengan pemikiran keabadian, Piramida di Giza didirikan dalam waktu yang relatif singkat oleh tiga firaun berturut-turut — dalam waktu kurang dari satu abad. Firaun Khufu (juga dikenal sebagai Cheops) membangun Piramida Agung yang pertama dan terbesar, yang dasarnya seluas 13 hektar tanah dan pernah menjulang setinggi 146,6 meter. Ia berdiri sebagai bangunan buatan manusia tertinggi di dunia selama sekitar 4.000 tahun.

Dulu area ini dikelilingi oleh kompleks bangunan yang mencakup kuil dan kapel, piramida dibangun sebagai pemakaman raja, berisi semua yang dibutuhkan firaun di akhirat sebagai Dewa. Bahkan ada lubang yang berisi “perahu surya”, yang menurut beberapa pakar dirancang untuk mengangkut firaun, bersama dengan Dewa matahari Ra, menuju surga. Kapal Khufu yang ditemukan di kompleks tersebut telah diakui sebagai kapal utuh tertua di dunia, dan masih dapat berlayar hingga saat ini meskipun telah berusia ribuan tahun.

Membangun Piramida

Saat ini, kami masih belum begitu memahami penguasaan teknik yang membangunnya. Piramida Besar tersusun dari balok-balok batu yang berat satuan- nya bisa mencapai 15 ton — dan jumlahnya mencapai 2,3 juta balok. Para arkeolog mencatat bahwa tenaga kerja berbayar, yang tinggal di kota sementara di dekat lokasi, melakukan sebagian besar pekerjaan tersebut. Komunitas di seluruh Kerajaan Lama mengerahkan pekerja dan sumber daya lainnya, seperti makanan. Tetapi banyak dari detailnya tetap menjadi misteri.

The Khan el-Khalili souk. (Eric Valenne geostory/Shutterstock)

Baik penggalian batu maupun perakitannya telah menimbulkan banyak pertanyaan. Meskipun perkakas tembaga yang digunakan pada saat itu untuk memotong dengan cepat batu kapur yang digunakan pada sebagian besar konstruksi, namun piramida tersebut juga terdiri dari ribuan ton batu granit yang keras, yang berasal dari Aswan, berjarak sekitar 500 mil jauh- nya.

Mengangkut dan menumpuk batu tersebut akan membutuhkan upaya yang sangat besar, dan sejumlah hipotesis tentang bagaimana hal ini dilakukan dengan tepat telah dikemukakan.

Piramida Besar sejajar dalam 1/15 dari satu derajat dari empat arah mata angin (utara-tenggara- barat), yang mengarah ke berbagai teori tentang bagaimana orang dahulu mencapai pencapaian luar biasa ini dalam astronomi.

Sesampainya di sana dengan minivan, pemandu saya hanya memiliki sedikit jawaban tetapi banyak yang bisa ditunjukkan kepada saya.

Unta pernah dikenal sebagai “kapal gurun”. (Kanuman / Shutterstock)

Pertama, saya naik unta. Setelah berkeliling kompleks piramida untuk mengambil foto dari berbagai sudut, kami melewati vendor yang  menarik rantai dromedaris dan menepi untuk menegosiasikan harga yang wajar. Saya mendekati hewan itu dengan sedikit gentar — saya memiliki riwayat yang tidak menyenangkan dengan unta,  pernah digigit oleh seekor unta di sebuah festival di Rajasthan.

Dalam hal ini, gigi datar dan tumpul hewan itu tidak sampai merusak kulit saya, tetapi membuat terkejut hingga terguling ke belakang, tersandung kaki saya sendiri dan jatuh terjerembab ke pasir.

Dulu, binatang pengangkut beban ini adalah “kapal di gurun”, yang mengangkut manusia dan kargo untuk jarak yang sangat jauh. Kehadiran mereka yang terdokumentasi di Mesir sebenarnya mendahului piramida, kembali ke periode Dinasti Awal, yang dimulai sekitar 3.100 SM. Hari ini, perjalanannya singkat. Saya memanjat punggungnya, dengan sedikit gentar, dan berpegangan erat saat hewan itu melakukan transisi yang cepat dari duduk ke berdiri. Kami membuat lingkaran kecil, di bawah bayang-bayang Piramida Besar.

Menara Kairo, menghadap ke Sungai Nil. (Mohamed Elkhamisy / Shutterstock)

Selanjutnya, saya masuk ke dalam Piramida. Mendaki ke pintu masuk, menaiki balok-balok batu kapur besar, yang membuat saya tidak begitu percaya telah menggunakan bangunan Keajaiban Dunia Kuno ini sebagai gym alami saya.

Memasuki bangunan, sinar terik di hari yang cerah dengan cepat menghilang, dan saya melanjutkan melalui terowongan yang pengap udara, merasa agak sesak saat saya melewati batas sempit jalan menanjak ke Galeri Agung. Sesampai disana, saya menghargai bahwa ini adalah momen sekali seumur hidup. Tapi, karena tidak menemukan harta karun, saya sangat ingin kembali ke angin hangat yang meniupkan udara segar di luar.

Petualangan di Kairo

Setelah berhenti untuk melihat Sphinx Agung Giza, petualangan saya di Kairo berlanjut. Kota ini menampakkan dirinya, sedikit demi sedikit, selalu menghadirkan kejutan baru di setiap sudut.

Kairo adalah apa yang saya suka sebut sebagai “kota yang lambat”, di mana penghuninya tidak pernah ingin tidur. Saya suka kota yang lambat, mereka cocok untuk saya. Saat mengunjungi bazaar di Khan al-Kahlili hingga larut malam, saya menemukan pasar malam yang dipenuhi penduduk setempat, kios-kios yang menumpuk stok barang dagangan mereka, lapis demi lapis, di setiap sisi lorong. Orang-orang telah membeli dan menjual barang-barang di tempat ini sejak tahun 1300-an, dan mereka terus melakukannya dengan semangat hingga malam ini.

Foto Kairo, diambil dari Menara Kairo. (givaga / Shutterstock)

Saya menjelajah sebentar sebelum mendapatkan petunjuk arah, sedikit tersesat beberapa kali sebelum berhasil mencapai tujuan saya. Mendobrak pintu kecil akan mengungkapkan dunia baru yang terasa seperti klub rahasia. Sambil duduk di meja di Naguib Mahfouz Café, yang dinamai demikian untuk penerima Nobel, saya memesan daging domba dan ayam panggang campur, dipasangkan dengan nasi, dibawa ke meja oleh pelayan yang mengenakan kopiah fez. Musisi memainkan alat musik tradisional. Pria dan wanita merokok shisha. Malam terbentang dan saya tidak terburu-buru untuk kembali ke hotel.

Kota ini tampaknya memiliki sejuta pasar. Di hari lain, saya menghabiskan sore yang panas di pasar tekstil, mengarungi lautan umat manusia di bawah menara yang menjulang tinggi. Seorang pemandu tidak resmi menawarkan tur tidak resmi dan menuntun saya melewati kekacauan, yang akhirnya membawa saya menaiki tangga belakang ke puncak masjid, di atas atap, suara adzan terdengar bersaing dengan hiruk pikuk kerumunan di bawah.

Dan akhirnya saya menemukan jalan kembali ke Sungai Nil. Setelah berkeliaran di antara mumi di Museum Mesir, tak jauh dari Tahrir Square, saya menuju ke Corniche, sedikit barter dengan salah satu dari banyak operator tur kecil di sana sebelum naik perahu tertutup untuk berputar di sungai yang terkenal ini.

Barque surya Khufu yang direkonstruksi. (Olaf Tausch / CC BY 3. 0)

Tentu saja ini keajaiban alam. Salah satu sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil membentang lebih dari 4.000 mil, melewati 10 negara Afrika, dari Danau Victoria hingga Laut Mediterania. Tetapi sejarah di sini bahkan lebih luar biasa. Sederhananya: Tanpa Sungai Nil, tidak akan ada Mesir kuno.

Sungai adalah sumber kehidupannya. Banjir secara teratur menyediakan tanah yang kaya nutrisi, yang memberi pangan dan sandang bagi penduduk dan mendorong pembangunan ekonomi.

Orang-orang membangun saluran irigasi dan menanam kapas, rami, gandum, dan kacang-kacangan — serta papirus, yang mereka gunakan untuk membuat kertas. Sungai Nil adalah sumber air minum dan bak mandi mereka. Firaun menggunakan sumber dayanya untuk membangun kerajaan.

Dan sungai masih menjadi jantung dan jiwa bangsa ini, dengan 95 persen orang Mesir saat ini masih tinggal dalam jarak beberapa mil darin- ya. Memotong petak melalui Kairo modern, kami mengarungi Sungai Nil, berguling-guling di bawah jembatan dan melewati hotel-hotel bertingkat tinggi.

Segera, matahari mulai terbenam. Malam sibuk lainnya akan segera dimulai. Tetapi untuk saat ini, saya bersantai di atas bantal kapal yang lapuk dan menyaksikan perpaduan warna oranye dengan cahaya yang mendekat, merasa sangat jauh dari rumah. (aus)

Penulis  yang  berbasis  di  Toronto,  Tim  Johnson,  Selalu  bepergian, mencari kisah hebat berikutnya. Setelah mengunjungi 140 negara di tujuh benua, dia melacak singa dengan berjalan kaki di Botswana, menggali tulang dinosaurus di Mongolia, dan berjalan di antara setengah juta penguin  di  Pulau  Georgia  Selatan.  Dia  berkontribusi  pada  beberapa publikasi terbesar di Amerika Utara, termasuk CNN Travel, Bloomberg, dan The Globe And Mail.